Suka Dukanya jadi anak Psikologi (bagian 1)

Nah, berikut ini gw coba tulis beberapa nasib anak psikologi. Beberapa diantaranya pernah gw alamin secara langsung. Tujuan tulisan ini hanya bersifat iseng belaka, kalau ada kesamaan nama tokoh, tempat, alur cerita itu hanyalah sebuah ketidaksengajaan. So, here we go :
  1. Jadi tempat curhat dadakan dari orang lain begitu tahu kalau kita anak psikologi. Dimanapun dan kapanpun curhat dadakan bisa aja terjadi. Misalnya yang baru aja gw alamin jadi tempat curhatnya Customer Service di sebuah bank terkenal. Berikut cuplikannya : (CS: ibu CS bank M)
    CS : .....jadi pak russel, nanti silakan datang lagi ya untuk mengurus internet banking nya pak....
    GW: oh iya bu
    CS : ngomong-ngomong saat ini pak Russel sudah bekerja?
    GW: oohh belum, dulu saya pernah bekerja tapi sekarang lanjut sekolah lagi
    CS: oh ya? Waahh hebat...kuliah di jurusan apa pak russel?
    GW: psikologi bu
    CS: oh ya? Waahh kebetulan dong saya bingung nih sama anak saya, dia umur sebelas tahun ya sekarang tapi perilakunya itu ........................... (disensor dengan alasan konduite konseling) 

    2.Sering disalahartikan dengan dianggap sebagai seorang cenayang alias dukun yang bisa memprediksi masa depan. Heeiii....kami bukan dukun, kami juga bukan seorang yang bisa meramalkan nasib masa depan seseorang. Sering gak sih kita denger “...eh lo anak psikologi kan? Waahh bisa dong baca masa depan gw...” sorry kami bukan sealiran dengan para cenayang, kami memang bisa ‘membaca’ kepribadian seseorang lewat media tes psikologi tapi kami tidak bisa menentukan dan membaca masa depan seseorang.

    3. Sering banget diminta untuk bocorin soal psikotes. Pernah ngalamin yang seperti ini? “...eh besok gw psikotes nih, lo kan anak psikologi, gw minta bocorannya dong...” saat banyak yang nanya seperti itu gw hanya menyarankan mereka untuk cukup tidur dan sarapan dulu kalo mau psikotes.

    4. Kalo ke toko buku iseng ngeliat buku-buku bocoran soal psikotes buat masuk CPNS lah, masuk kuliah lah dengan segudang penjelasan bocorannya. Pernah gw baca bocoran untuk mengerjakan tes Wartegg, di buku itu disarankan untuk masing-masing kotak harus menggambar apa secara gamblang. Luar biasa, konyol banget, yang bikin bocoran kudu baca buku primbon lebih khatam lagi.  

    5. Kalo lagi jalan di mall, atau di tengah banyak orang saat ngeliat orang yang rada ‘aneh’ sedikit langsung deh radar paranoidnya jalan ‘....eh liat ga tu orang, kayaknya lagi banyak masalah ya, mukanya itu loh....’ atau ‘...ih orang itu rada aneh ya, gerak gerik tubuhnya, ekspresi wajahnya agak gimana gitu ya jangan-jangan gangguan nih....’ atau juga seperti ini ‘....dasar ya ni orang ga tau aturan, ga tau tata krama, kalo di tes WB pasti subtest comprehension nya rendah...’  

    6. Buat anak klinis khususnya klinis dewasa yang pernah stase di RSJ atau RS gitu lah pasti pernah ngalamin dimana lo berasa kayak gangguan yang ada di pasien jiwa yang di tanganin waktu stase sebagian ada yang ‘nempel’ di diri kita. Seperti yang gw alamin, setelah nanganin kasus bipolar, gw merasa seperti sealiran dengan bipolarisme, afek yang begitu fluktuatif, tendensi untuk terus menerus berbicara dan kalo lagi dateng fase maniknya bener-bener suka out of control banget. Hahahahahahaha

    7. Berhubung kami ini bekerja menampung ‘sampah’ masalah orang lain, jadi kami juga harus sering melakukan proses cleaning out atau dalam bahasa anak psikologi nya itu disebut katarsis. Jadi, beberapa bulan sekali setelah kami menangani masalah orang, ya harus tuh yang namanya liburan. Kalo untuk kelas psikolog baru yaa liburan keliling nusantara atau yang dalam negeri aja deh tapi buat psikolog yang udah senior minimal keliling Eropa kali ya. Hahahahaha

    8. Ga bisa diem kalo di jalan nemuin tulisan orang, tanda tangan, gambar pohon, gambar figur manusia, bawaannya langsung otomatis mencoba menginterpretasikannya.

    9. Saat pertama kali memutuskan untuk kuliah di psikologi pasti orang banyak sering bilang begini ‘...apaan kuliah di psikologi? Mau maen sama orang gila? Mau jadi gila ntar?...’ atau ‘...apa bedanya sih antara psikiater sama psikolog? Apa sama-sama menangani orang gila?’ hmmm... ga heran ya karena di Indonesia sendiri profesi kami masih dipandang sebelah mata apalagi sama saudara sepupu yang namanya psikiater. Bagi mereka, kami hanya buang-buang waktu mendengarkan semua curhatan yang ga jelas arah dan tujuannya. Tetapi bagi kami, semua gangguan jiwa ga cuman mempan hanya dengan obat saja.

    10. Kadang suka merasa muak sama dunia orang normal yang penuh dengan topeng, defense, alibi, modus, dan sebagainya. Mendingan ngadepin orang yang udah jelas-jelas gila, asik mengeksplorasi dan ikut bertualang dengan waham-waham bizzare atau suara-suara aneh yang tak terdengar. Buat gw hal tersebut terasa begitu ‘menarik’ belakangan ini.


    “ just because we solve others problem, doesn’t mean that we don’t have any problems, we’re just a human. We know before fix others problem we have to fix out ours first, that’s why life gave us a ‘test’ #Psychologist @Uch3ll

    Komentar

    Postingan populer dari blog ini

    Fear of Missing Out (FOMO)

    Beberapa perilaku orang yang sering ditemui saat berada di angkutan umum